Oleh: cakudik | 10 April 2013

PANTARLIH

Siapa saja yang pernah terlibat dalam penyelenggaraan PEMILU di era orde baru tentunya istilah “pantarlih” atau “Panitia Pendaftaran Pemilih” ini sudah tidak asing lagi, pada saat itu memang teknologi belum bagus seperti saat ini khususnya di bidak teknologi inforrmasi dan telekomunikasi, dahulu dengan keterbatasan pantarlih mendata para pemegang hak pilih dari rumah ke rumah hasilnya diseetorkan ke PPD atau PPS (belum ada PPK) yang diketua Camat setempat dan berikutnya daftar pemilih diketik secara manual oleh petugas.

Saat ini dengan diterbitkannya Peraturan KPU nomor 9 tahun 2013 tentang “PENYUSUNAN DAFTAR PEMILIH UNTUK PEMILIHAN  UMUM ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT, DEWAN PERWAKILAN DAERAH, DAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH”, maka dalam proses pendaftara, pendataan sampai dengan pemutakhian data pemilih untuk PEMILU 2014 ujung tombaknya adalah “Pantarlih”.

Tugas, Wewenang dan Kewajiban PANTARLIH

Pantarlih merupakan ujung tombak KPU dalam melakukan pemutakhiran data pemilih. Oleh karena itu Pantarlih sangat penting perannya dalam proses penyusunan daftar pemilih. Karena strategisnya peran Pantarlih ini, baik dan buruknya DPT Pemilu 2014 sangat bergantung kepada kinerja Pantarlih di lapangan.  Jika Pantarlih bekerja secara optimal dalam proses verikasi faktual, maka DPT Pemilu 2014 diharapkan akan jauh lebih akurat dan berkualitas.

Apabila anda merupakan bagian dari penyelenggara PEMILU dibawah jajaran KPU, sebagai PPK, PPS atau Pantarlih maka anda bisa mengunduh dokumen-dokumen berikut ini sehubungan tugas dan kewenangan anda dalam menjalankan bertugas.

  1. Peraturan KPU nomor 6 tahun 2013 tentang “PERUBAHAN KEEMPAT ATAS PERATURAN KOMISI PEMILIHAN UMUM NOMOR 07 TAHUN 2012 TENTANG TAHAPAN, PROGRAM, DAN JADUAL PENYELENGGARAAN PEMILIHAN UMUM ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT, DEWAN PERWAKILAN DAERAH, DAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH TAHUN 2014 SEBAGAIMANA TELAH DIUBAH TERAKHIR DENGAN PERATURAN KOMISI PEMILIHAN UMUM NOMOR 18 TAHUN 2012. “
  2. Peraturan KPU nomor 9 tahun 2013 tentang “PENYUSUNAN DAFTAR PEMILIH UNTUK PEMILIHAN  UMUM ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT, DEWAN PERWAKILAN DAERAH, DAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH”
  3. Buku Panduan Pemutakhiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih untuk PPK
  4. Buku Panduan Pemutakhiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih untuk PPS
  5. Buku Panduan Pemutakhiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih untuk Pantarlih

Selanjutnya ikuti tahapan dan pelatihan, raker, rakor, dan bimtek yang diselenggarakan KPU, PPK dan PPS agar kita kata lancar dalam menjalankan tugas ini.

Semoga Alloh memberikanperlindungan dan kesabaran dalam menjalankan tugas negara ini, Aamin.

Salam satu jiwa dari bumi Arema ……. Merdeka !


Responses

  1. andai saja semua PANTARLIH dibekali dengan kemampuan dan perangkat IT yang memadai tentu pekerjaan jadi lebih Merdeka …😉

    • andai data kependudukan di Indonesia dilengkapi dengan QR Code, pantarlih cukup memidainya dengan HP dengan OS android atau webcam pada laptop/netbooknya, data langsung terekam pada sistem, ini akan lebih medeka lagi, oyi pak Tiyo ?

  2. hanya satu kata …….MANTAB……..

    • ki MANTAB sudarsono mengatakan “PPK Lawang memang oyeeeeee” ……😀

  3. amin3x smga sukses yo cak odek

    • Kesuksesan pelaksanaan pemilu di kec. Lawang salah satunya menjadi tanggungan panjenengan, monggo sareng-sareng kulo nyusun daftar pemilih, oyi ?

  4. oyiiiiii

    • O J R I T ….. wak …😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: