Oleh: cakudik | 24 Mei 2013

KPU Terus Lengkapi Daftar Pemilih

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengakui masih ada kekurangan dalam daftar pemilih. Kekurangan bukan dari sensus Kementrian Dalam Negeri (Kemendragi) tapi lebih karena adanya pemekaran-pemekaran wilayah di pedesaan. KPU terus memeriksa kesesuaian data dengan fakta seiring proses melengkapi kekurangan.

Hal tersebut dikatakan komisioner KPU Hadar Nafis Gumay kepada rumahpemilu.org di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat (22/5).

“Ya itu jumlahnya tidak banyak sekitar 1,7 juta jumlah total dari seluruh kelurahan-kelurahan belum terditek. Jadi, memang kekurangan itu mengenai data kode wilayah. Akan kami cocokkan ada kode wilayah yang tidak sesuai, itu terjadi di pedesan dan kecamatan,” ucap Hadar.

Hadar berujar, sebelumnya daftar pemilih memang datanya KPU dapatkan dari hasil sensus Kemendagri yang berbentuk Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4). Namun sensus tersebut sudah lama, makanya sampai sekarang KPU terus melakukan pencocokan.

“Itulah yang kemudian kami terus bekerja sama dengan Kemendagri. Untuk memastikan itu. Kira-kira itu saja persoalan yang terjadi. Jadi akibat itu ada daerah-daerah, ini levelnya level desa. Akibat kode yang tidak lengkap dan belum singkron di dalam DP4 itu akhirnya data itu ketinggalan,” tambah Hadar.

Hadar menerangkan Tugas KPU sekarang melalui petugas pemutahiran data pemilih (Pantarlih) akan mengecek di lapangan. Jadi yang ganda dan yang salah atau yang belum tercatat akan terus dicek, dan itu pasti ada dalam DP4.

“Tugas penyelenggara pemilu mengenai kekurangan-kekurangan tersebut bisa dikoreksi melalui Pantarlih itu akan mendatangi rumah-rumah warga. Kemudian nanti ada daftar pemilih semetara (DPS) dan akan diumumkan, dan masyarakat bisa mengkrosceknya, lalu kita terus akan perbaiki melalu Pantarlih itu,” kata Hadar.

Selain masyarakat bisa ikut mengoreksi DPS, Hadar menuturkan KPU akan memberikan data lunak DPS kepada partai, Bawaslu dan Panwaslu, agar bisa ikut  mengkoreksi juga jika masih terdapat kekurangan.

Tak luput Hadar menerangkan, proses DPS tersebut ruangnya masih panjang untuk sampai ke daftar pemilih tetap (DPT), yakni akan ditetapkan bukan September. Lalu Kemudian ada data yang belum cocok dengan DP4, memang itu tugas Pantarlih sebagai lanjutan tangan penyelenggara untuk memperbaiki.

Untuk diketahui, tanggal 10 Juli DPS tersebut akan diumumkan kepada masyarakat oleh KPU. Masyarakat bisa ikut berpartisipasi mengkoreksi DPS tersebut. [Taufiq]

Sumber : rumahpemilu.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: