Oleh: cakudik | 17 Agustus 2013

Tiga Komisioner KPU Jawa Timur Kembali Aktif

Anggota Komisi Pemilihan Umum RI, Sigit Pamungkas, mengatakan KPU telah mengembalikan wewenang penyelenggaraan Pemilihan Umum ke KPU Jawa Timur. Sigit mengatakan, pihak KPU sudah melakukan rapat pleno dan memutuskan tugas KPU pusat sudah selesai.

Karena wewenang sudah dipulihkan, kata Sigit, KPU pusat otomatis juga telah menyerahkan masalah formulir bukti penghitungan suara (formulir C1) ke KPU Jawa Timur. Mereka yang akan menentukan apakah akan mengulang pengadaan surat suara atau cukup membuat stiker nama pasangan calon Gubernur Jawa Timur nomor 4, Khofifah Indar Parawansa-Herman Surjadi Sumawiredja.

Begitu menerima SK KPU RI, kemarin, Andry dan empat komisioner lainnya langsung menggelar pleno. Isu pertama yang dibahas adalah cetak formulir C1 yang dipermasalahkan Khofifah-Herman. Karena hanya menyisakan kolom kosong untuk pasangan keempat.

Rapat pleno akhirnya memutuskan melakukan stikerisasi formulir C dan D. Menurut Andry, stikerisasi diambil dengan mempertimbangkan waktu dan biaya. Stikerisasi formulir C1, kata Andry, juga pernah terjadi di pilkada Bangkalan. Dari sisi anggaran, stikerisasi lebih menghemat biaya. Jika cetak ulang membutuhkan biaya Rp 2,4 miliar, stikerisasi hanya cukup Rp 200 juta.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menetapkan Kamis Kliwon, 29 Agustus 2013, sebagai hari libur bagi masyarakat Jawa Timur. Pada tanggal itu Jawa Timur akan memilih gubernur dan wakil gubernur periode 2013-2018.

Sementara itu, Kepolisian Daerah Jawa Timur menyiapkan strategi khusus guna mengantisipasi manipulasi daftar pemilih tetap dalam pemilihan Gubernur Jawa Timur 2013. Polisi tidak mau kasus yang sempat mencuat pada pilkada 2008 terulang. Polisi akan mengawal ketat setiap pergeseran alat-alat pilkada. Kepolisian mewaspadai 1.237 tempat pemungutan suara di Jawa Timur yang masuk klasifikasi sangat rawan dalam pilkada Jawa Timur 2013. TPS rawan berada di kepulauan dan pegunungan.

Sumber : rumahpemilu.org


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: